Ceratosoma tenue (slender-T nudibranch) di Pantai Molotabu Kabupaten Bone Bolango

 Barangkali mahluk laut  satu ini adalah yang paling dicari oleh para fotografer bawah laut. Kalau mata kita jeli, akan mudah menemukannya di atas karang, pasir, atau bahkan plastik yang mengendap di dasar laut.

Nama nudibranch dalam Bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, nudus (telanjang) dan brankhia (insang). Dia memang tampak seperti siput yang telanjang, karena tak memiliki cangkang sebagai pelindung. Ciri khas nudibranch adalah dua tanduk yang disebut rhinofor pada banyak jenis, sedangkan pada jenis lain tidak ditemukan adanya rhinofor.

Nudibranch Chromodoris lochi di perairan Biluhu, Kabupate Gorontalo

Dalam jurnal marine life, tanduk lembut ini diduga berfungsi sebagai indera penciuman atau perasa untuk mendeteksi makanan hingga ancaman mangsa.

Nudi masuk dalam Filum Moluska (bertubuh lunak) dan Kelas Gastropoda (menggunakan perutnya sebagai kaki untuk berjalan). Pergerakannya yang lambat memberi waktu banyak bagi fotografer untuk mencari sudut foto yang tepat.

Ukurannya bervariasi mulai dari 1 cm hingga sekepal tangan orang dewasa. Tapi biasanya yang sering ditemukan adalah yang berukuran sekitar 3-5 cm.

Yang menarik dari biota ini adalah jumlah spesiesnya yang tercatat lebih dari 3.000 jenis, serta  kombinasi warna tubuhnya yang sedap dipandang.

Beragam warna seperti ungu, merah muda,kuning, oranye,putih, hijau, biru dan merah menjadi daya tariknya.Pada sebagian nudi, warna aslinya yang mencolok baru akan keluar bila disinari senter penyelam atau kena blitz kamera.

Nudibranch jenis Chromodoris annae di Pantai Botutonuo,Kabupaten Bone Bolango

Nudibranch mendapatkan warna-warna cerah mereka dari makanan yang mereka makan. Warna-warna ini dapat digunakan untuk kamuflase, atau untuk memberi sinyal pada predator tentang ancaman racun di dalam tubuhnya.

Kendati demikian, racun tersebut tidak berbahaya bagi manusia.

Hewan unik ini tersebar merata di perairan tropis, termasuk di Gorontalo. Penyelam sering menemukan nudi di banyak lokasi penyelaman yang berpasir seperti Pantai Molotabu dan Botutonuo Kabupaten Bone Bolango.

Nudibranch jenis Chromodoris annae di Pantai Botutonuo,Kabupaten Bone Bolango

“Biasanya penyelam pemula saya kenalkan dengan nudibranch, agar gugup dalam laut hilang. Kami hanya memotretnya, tapi tidak memindahkan nudi dari tempatnya,” kata Wawan Iko, instruktur selam di Gorontalo.
Sayangnya, dalam beberapa catatan peneliti hewan ini tidak berumur panjang. Nudi menikmati kehidupannya hanya dalam beberapa minggu hingga 1-2 tahun.***debby***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website